Minggu, 24 Juni 2012

Tanda-Tanda Kerusakan Memory Komputer dan cara memperbaiki ram

memory pc rusakApakah PC Windows Anda crash tanpa alasan yang jelas? Apakah PC Anda sering mengalami layar biru Blue Screen of Death? Jika jawabannya adalah “ya”, Anda mungkin mengalami masalah kerusakan memori PC. Memori atau RAM yang rusak adalah salah satu penyebab Blue Screen of Death. Dalam panduan singkat ini saya akan membahas gejala umum dari memori yang rusak serta mereview sejumlah program perangkat lunak free pengujian memori yang dapat membantu Anda mendiagnosa masalah Anda.
Mengapa Memory Komputer Rusak
Mengingat memori yang bisa terdiri dari beberapa chip memori Silikon (disebut DRAM) disolder sebuah papan sirkuit kecil, memori komputer sebenarnya harus jauh lebih tahan terhadap kegagalan dari komponen-komponen komputer yang lain. Karena barang ini, diproduksi dan didistribusikan dalam volume yang lebih banyak daripada bagian komputer lainnya sehingga semacam evens out.
Chip memori DRAM biasanya diuji oleh produsen mereka sebelum mereka dikirim, dan memeriksa komponen yang cacat sebelum dijual. Memori komputer juga rentan terhadap berbagai situasi yang dapat mengubah pekerjaan Anda entah memori DDR, SDRAM atau yang lain. Shock elektrostatik dari penanganan yang tidak tepat dapat merusak memori. Cobalah untuk menghindari memegang secara langsung bagian-bagian peka dari memori ketika Anda menginstal modul memori 1GB DDR dll! Demikian pula, pasokan listrik yang tidak stabil juga dapat merusak memori komputer Anda, walaupun kadang-kadang secara bertahap. Hal yang sama beresiko adalah menaikkan tegangan memori terlalu tinggi jika Anda overclocking.
Jika komputer Anda terlalu berdebu, atau terletak di lingkungan yang lembab kontak antara modul memori dan slot memori dapat terganggu atau terkorosi. Panas, baik dari komponen lain atau RAM itu sendiri juga dapat menyebabkan kerusakan bertahap. Jelas, penanganan ceroboh juga dapat merusak memori komputer dengan menyebabkan kerusakan fisik pada papan sirkuit atau kontak. Ini adalah salah satu alasan mengapa kita menganjurkan menggunakan memori yang mempunyai penyebar panas memori atau pendingin.
Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemungkinan cacat pada slot memori motherboard komputer Anda. Ini dapat rusak oleh cara yang sama seperti yang tercantum di atas, dan dapat menyebabkan kebingungan, karena setiap modul memori terpasang ke slot yang rusak akan tampak cacat meskipun sebenarnya tidak rusak. Untungnya, karena memori komputer modern dihasilkan seragam dan memiliki poin kegagalan relatif sedikit dibandingkan dengan bagian-bagian komputer lainnya, produsen dapat memberikan dukungan garansi yang layak.
Sebagian nama merek memori seperti Corsair, Crucial, Visipro atau Kingston garansi seumur hidup, sedangkan yang dibeli dari reseller biasanya memiliki garansi lebih singkat dari produk yang saya sebutkan diatas.
Tanda-tanda memori Komputer Rusak
Indikator memori yang rusak sangat banyak, tetapi mari kita mulai dengan beberapa yang umum:
  1. Blue Screen of Death selama proses instalasi Windows XP. Ini adalah salah satu tanda paling pasti bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak.
  2. Random crash atau Blue Screen of Death dengan pesan berbeda/acak selama menjalankan XP.
  3. Gangguan memori intensif selama operasi tertentu misalnya ketika memainkan 3D game, benchmark, kompilasi, Photoshop, dll
  4. Distorsi grafis pada layar, walaupun hal ini juga dapat terkait dengan kartu video.
  5. Kegagalan ketika boot. Hal ini dapat disertai dengan berbunyi ‘bip’ panjang berulang-ulang, yang merupakan kode bip BIOS untuk masalah memori. Dalam hal ini, Anda tidak dapat menguji memori dengan perangkat lunak diagnostik, sehingga satu-satunya pilihan Anda adalah pengujian dengan pengganti, baik di rumah atau di dealer komputer Anda.

Cara Memperbaiki RAM



RAM ( Random Access Memory ) adalah tempat penyimapanan sementara (walaupun ada yang mengunakan untuk jangka waktu yang panjang) dalam sebuah perangkat berbasis komputer. Data yang biasanya disimpan dalam RAM adalah Bios, Binary program dasar suatu komputer untuk mengintegrasikan perangkat-perangkat lainnya.

Begitu pentingnya RAM, sering sekali RAM menjadi penyebab PC / laptop kita mati. dan asumsi kita adalah RAM tersebut sudah rusak dan harus di ganti. Yang sering terjadi memang bila RAM rusak, maka PC maupun laptop kita tidak mau bekerja. Bahkan saat dinyalakan akan terdengar suar BEEP yang keras, yang menandakan ada komponen yang tidak bekerja.

Namun bila kita mau lbih teliti lagi, RAM ( Random Access Memory ) yang kita nyatakan rusak tadi belum tentu atau belum sepenuhnya rusak, dan masih bisa diperbaiki. Nah dengan cara berikut ini kita dapat menghemat biaya pembelian RAM baru.
Peralatan Yang harus di siapkan :
  • Ram yang diperkirakan rusak
  • sebuah avometer (multitester)


Langkah – langkah perbaikan RAM :
  • pertama bersihkan memory dengan cara menggosok pin-pin (berbentuk kotak – IC) memory tersebut dengan kain, yang bertujuan membersihkan. Boleh juga diberi Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu yang menempel. Gesekan dengan kain juga akan memicu ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya kembali menjadi lebih aktif.
  • Arahkan skala Avometer pada Ohm ( Ω - skala untuk mengukur hambatan), boleh pada posisi 1K, 10K, 100K.
  • Kemudian jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) ditempelkan pada salahsatu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) digesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.

Sekarang pasang kembali di slot memori yang tersedia,dan coba hidupkan PC atau laptop anda.
Tips diatas hanya untuk memory dengan kondisi fisik yang masih utuh, maksudnya tidak ada pin/kaki yang terbakar, atau bahkan patah.

Sumber: Core 2 PC

3 komentar:

  1. sekarang baru tau ni saya, baru kenal sama isi komputer dan cara membersikannya, makasih ya.!

    BalasHapus
  2. sangat membantu sekali dan bermanfaat gan :) terima kasih :)
    jika membutuhkan jasa persewaan laptop bisa hubungi sewalaptop.id dan rentalsewalaptop.info
    terima kasih :)

    BalasHapus
  3. gan klw bunyi beep pendek terus menerus itu rusak apa ya gan.?

    BalasHapus