Jumat, 25 Mei 2012

Perbedaan GNOME dan KDE

Banyak pengguna BackTrack binggung saat memutuskan untuk menggunakan BackTrack dengan DE GNOME atau KDE. Sampai kemarin ada yang langsung mengirimkan pesan singkat melalui ponsel untuk hanya menanyakan apa sih bedanya BackTrack GNOME dan KDE. Semoga tulisan ini bisa membuat cara pandang kita pada perbedaan keduanya.

Apa perbedaan diantara keduanya ?

Perbedaannya hanya terletak pada DE atau Desktop Environment yaitu GNOME dan KDE. sebenarnya sih masih banyak DE yang lain diluar sana, tetapi karena pengguna dan dukungan komunitas yang banyak sehingga GNOME dan KDE lebih populer.

Kelebihan dan kekurangnya ?

Kalau berbicara bagus yang mana, masing-masing DE memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya.

GNOME memiliki kelebihan lebih ringan dan pemakaian memory yang tidak terlalu banyak. Kekurangannya adalah tidak terlalu friendly dibanding KDE dan menaruh perhatian besar pada tampilan walaupun juga tidak mengabaikannya sama sekali.

KDE memiliki kelebihan pada grafis yang menggikuti standar antarmuka yang ramah dan efisien bagi penggunanya, sehingga tidak salah kalau tampilan KDE lebih menarik dibandingkan dengan GNOME, dan KDE juga didesign sedemikian rupa sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkungan Windows maupun MacOS. Tetapi kekurangannya adalah karena berorientasi pada grafis dan kemudahan pemakaian memory yang besar tidak dapat dihindarkan.

Untuk yang baru belajar lebih bagus pakai yang mana?

Saya tidak membatasi harus memakai BackTrack versi GNOME atau KDE yang pasti menggunakan versi apapun kita tetap bisa menggunakannya, toh yang kita cari bukan tampilannya tapi aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya. Untuk tampilan kita masih bisa mengakalinya dengan menambahkan efek-efek tertentu.

Lebih stabil mana GNOME atau KDE?


Stabil itu kan melihat banyak faktor, misalnya kecepatan, manajemen memory, pemaksimalan prosesor, crash system, dan masih banyak lagi, oleh karena seperti tadi saya tuliskan bahwa dukungan komunitas yang banyak pada kedua DE ini meminimaliskan ketidak stabilan.


Untuk aplikasi apakah ada perbedaan ?

karena berasal dari source dan developer yang sama, tentu aplikasi-aplikasi didalamnya tidak ada perbedaan, jadi jangan takut pada perbedaan aplikasi dari 2 versi tersebut.

 Sumber: Core 2 PC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar